Loading...
July 02, 2015

Tradisi MEGIBUNG saat ramadhan di Kampung Islam Kepaon Bali



Salah satu keunikan selama berlangsungnya Ramadhan di Bali adalah tradisi Megibung yang diadakan saudara-saudara muslim di Kampung Islam Kepaon setiap tgl 10, 20 dan 30 Ramadhan.  Mereka selalu mengadakan acara megibung yang berarti makan bersama dalam satu nampan. Acara tersebut bukan hanya dikhususkan untuk warga Kampung Islam Kepaon saja, melainkan semua warga muslim yang mau datang pada saat acara berbuka puasa.

Megibung sudah dilakukan warga Kampung Islam Kepaon secara turun temurun,tapi tidak ada yang tahu pasti sejak kapan kegiatan megibung tersebut mulai dilakukan. Pada saat menjelang berbuka puasa, seluruh warga laki-laki tua dan muda berduyun-duyun ke masjid Al-Muhajirin Kampung Islam Kepaon dan mendengarkan pengajian sampai waktu bedug Magrib tiba. Saat azan dikumandangkan, merekapun makan makanan ringan dan minuman seperti kolak atau kurma.


Setelah Salat Magrib, barulah tradisi megibung atau makan bersama tersebut dimulai. Puluhan nampan yang disediakan warga setempat, berisi nasi, urap dan lauk ayam goreng tersaji sebagai hidangan utama buka puasa. Jamaah dibagi dalam kelompok-kelompok kecil mulai empat orang hingga enam orang makan dalam satu nampan dengan menggunakan tangan tanpa sendok. Acara megibung berlangsung hingga menjelang sholat Isya dan sholat Tarawih. Makna yang terkandung dalam acara tersebut adalah memupuk rasa persaudaraan dan menumbuhkan rasa kebersamaan diantara sesama muslim.
Inilah sisi lain suasana Ramadhan di Bali khususnya di Kampung Islam Kepaon pada saat berbuka puasa dengan megibung.



0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik !

 
TOP